Sangilah Anak Anda,!! Waspada Telah Beredar Flu Singapura – Gejala, Ciri-ciri dan Pengobatannya. MARI SEBARKAN !!


Mungkin saja ada banyak yang belum mengetahui apakah itu “flu singapura”, dapat dibuktikan saat seseorang anak saya diagnosis dengan mengatakan “Pak, Bu, Ananda ini tengah terserang flu singapura” Ortu : “wah, penyakit apakah itu dok? walau sebenarnya kami belum pernah ke singapore”.. hmmm.. itu satu diantara contoh serta ada banyak yang lain. 

Oleh karenanya pada saat ini, mari kita tekuni apakah itu flu singapura, tanda-tanda bersama ciri-cirinya, penyebabnya serta pemularannya dan penyembuhan atau perawatan dirumah untuk pasien flu singapura. semoga dapat berikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk pembaca sekalian. 

Arti kedokteran flu singapura yaitu hand foot and mout disease atau disingkat HFMD, bila dibahasa indonesiakan jadi penyakit KTM (Kaki Tangan Mulut) karena satu diantara ciri penyakit ini yaitu ada lepuhan pada kaki, tangan, serta mulut. Lalu mengapa dimaksud Flu singapura? karena penyakit ini pernah mewabah di singapore sampai banyak sekolah serta sarana umum yang lain jadi ditutup dikarenakan penyakit ini hingga penyakit ini jadi popular dengan sebutan flu singapore. 

Flu singapura yaitu penyakit infeksi virus yang mengakibatkan luka seperti sariawan yang banyak pada bibir serta mulut sisi dalam, luka lepuhan juga nampak pada tangan, kaki, serta kadang-kadang pada pantat atau daerah popok. 

Penyebabnya serta Cara Penularan Flu singapura 

Penyebabnya Flu singapura yaitu virus RNA famili Picornaviridae, Genus Enterovirus terbagi dalam virus Coxsackie A, virus Coxsackie B, Echovirus serta Enterovirus. Virus Penyebabnya Flu singapura tersering tetapi enteng yaitu Coxsackie A16, sedang penyebabnya yang menyebabkan masalah berat atau punya potensi menyebabkan komplikasi sampai kematian yaitu Enterovirus 71. 

Karena pemicunya virus jadi flu singapura ini gampang menular. Penularannya seperti penyakit flu yakni melalui droplet waktu bersin, air liur, tinja, serta cairan dari vesikel atau ekskreta. Penularan kontak tidak segera dapat melalui beberapa barang yang terkontaminasi oleh cairan itu. Penyakit ini biasanya menyerang balita umur 2 minggu hingga 5 th., tetapi ada masalah yang berlangsung pada anak sampai umur 10 th.. Sedang Orang dewasa biasanya kebal pada enterovirus ini, tetapi mungkin berlangsung. 

Seperti infeksi virus biasanya, misalnya cacar air, anak yang telah pernah terserang flu singapura akan mempunyai kekebalan pada penyakit ini. Dengan catatan, virus strain-nya sama, namun bila virus strainnya tidak sama, anak tetaplah bisa terserang lagi. 

Tanda-tanda serta Tanda-tanda Flu Singapura 

Tanda-tanda Flu singapura umumnya akan nampak 3 hingga 6 hari sesudah anak terkena atau terserang virus. Ini dimaksud saat inkubasi. Tanda-tanda serta Tanda-tanda flu singapura diantaranya : 

Pada awalnya anak akan alami demam dengan suhu badan 101°F (38°C) hingga 103°F (39°C) dibarengi rewel atau lesu kadang-kadang dibarengi pilek. 

Pada anak yang lebih gede umumnya mengeluh sakit tenggorokan, pada bayi mungkin saja akan menampik ASI atau tidak ingin minum terlebih makan karena sakit menelan. 
Lalu satu atau dua hari selanjutnya, nampak bintik-bintik merah yang lalu jadi luka atau lecet di mulut (bibir serta pipi sisi dalam, langit-langit serta tenggorokan) serupa sariawan kecil-kecil serta banyak. 

Selain itu nampak juga ruam berbentuk bintik-bintik merah datar atau muncul diisi cairan (vesikel) atau lepuhan, serta kadang-kadang pecah jadi lecet (ulkus). Ruam atau lepuhan ini umumnya ada pada telapak tangan serta telapak kaki ; bisa pula nampak pada lutut, siku, pantat atau daerah genital. 

Sebagian anak yang terinfeksi dengan virus flu singapura ini mungkin saja tidak memperoleh semuanya tanda-tanda penyakit. Beberapa mungkin saja cuma alami ulkus mulut atau lepuhan pada kulit. 

Seperti penyakit virus yang lain, penyakit flu singapura dapat lebih baik sendiri tanpa ada penyembuhan dalam kurun saat 7-10 hari. 
vesikel flu singapura 
contoh lepuhan flu singapura pada telapak tangan 

Perawatan serta Penyembuhan Flu Singapura 

Penyakit flu singapuran umumnya tidak membutuhkan penyembuhan spesial. Anda bisa memakai perawatan dirumah untuk menolong memperingan tanda-tanda flu singapura pada anak, yakni dengan cara : 

Berikan anak cairan atau minuman dingin untuk menolong meredakan sakit tenggorokan. Minum mesti banyak agar tidak berlangsung dehidrasi. 
Janganlah memberi makanan atau minuman yang merasa asam atau pedas, kerupuk, keripik atau gorengan semacam. Karena makanan ini dapat bikin sariawan lebih menyakitkan. 

Untuk meredakan nyeri serta demam, berikanlah acetaminophen (parasetamol) atau ibuprofen. Baca Ketentuan Gunakan! Baca juga : Cara pilih obat penurun panas 
Janganlah memberi aspirin pada anak. 

Janganlah memberi antibiotik karena penyakit ini dikarenakan oleh virus bukanlah bakteri. 
Bila anak atau bayi juga alami muntah, diare atau tidak bisa makan serta minum hingga jadi lemah, jadi pasien itu mesti dirawat. 

Cara Menghindar Flu Singapura 

Tidak ada vaksin yang bisa disuntikkan membuat perlindungan pada virus yang mengakibatkan penyakit tangan, kaki, serta mulut ini. Seorang bisa turunkan resiko atau menghindar flu singapura dengan cara : 
Kerap membersihkan tangan dengan sabun serta air mengalir, terlebih sesudah ganti popok serta memakai toilet. 

Rajin bersihkan benda-benda yang sering disentuh termasuk juga mainan anak. 
Hindari kontak dekat seperti mencium, memeluk, atau sharing perlengkapan makan atau cangkir dengan beberapa orang yang lagi sakit flu singapura. 
sumber : mediskus. com

Subscribe to receive free email updates: