Jagalah Kesehatan Anda !! Stop...!!! Mulai Sekarang Berhentilah Mengkonsumsi Makanan Ini. Sangat Berbahaya Makanan Ini Bisa Mempercepat Penyakit Stroke


Stroke memanglah jadi momok menakutkan karena bisa mengakibatkan kelumpuhan, bahkan juga kematian. 

Di Indonesia stroke jadi penyakit paling utama penyebabnya kematian. 
Mengacu data Harian Kompas, Senin (18/5/2015), dari 41. 590 kematian sepanjang Januari hingga Desember 2014, stroke menyumbang angka kematian sejumlah 21, 1 persen. 

Angka ini paling tinggi dibanding penyakit lain, seperti jantung dan pembuluh darah 12, 9 persen, serta diabetes melitus dan komplikasinya 6, 7 persen. 

Terkecuali karena usia lanjut, pergantian lifestyle orang-orang yang cenderung konsumsi makanan tidak sehat yakni satu diantara aspek penyebabnya meningkatnya jumlah pasien stroke. 

Di bawah ini sebagian makanan penyebab serangan stroke : 

Makanan manis 
Makanan manis memanglah menggugah selera, tetapi mengonsumsinya terlalu berlebih bisa tingkatkan glukosa-kadar gula dalam darah. 

Dalam periode panjang, kandungan gula darah tinggi pada badan akan merusak pembuluh darah dan jaringan, mengakibatkan diabetes, permasalahan penglihatan serta kerusakan saraf, dapat juga tingkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. 

Begitu banyak konsumsi makanan manis dapat juga mengakibatkan obesitas atau keunggulan berat badan. 
Obesitas dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan terjadi stroke. 

Daging merah 

Penelitian Harvard School of Public Health mengungkap mengkonsumsi sajian daging merah sejumlah dua jumlah atau lebih setiap hari tingkatkan kemungkinan diserang stroke hingga 28 persen untuk pria. Satu sajian daging merah setara dengan 4-6 ons daging. 

Disamping itu, wanita yang setiap hari makan dua sajian daging merah berisiko diserang stroke 19 persen lebih tinggi di banding yang makan daging lebih sedikit.  

Kandungan lemak jemu di daging merah bisa menyebabkan plak protein dalam pembuluh darah. Penimbunan plak ini dapat menyumbat arteri hingga tingkatkan kemungkinan stroke dan penyakit jantung. 

Keripik, kerupuk serta gorengan 
Bermacam kudapan, seperti muffin, donat, keripik, kerupuk atau makanan ringan panggang lain umumnya jadi makanan mesti saat temani kesibukan Anda. 
Padahal semua type kudapan itu mengandung lemak trans tinggi yang bisa tingkatkan kemungkinan stroke. 

Lemak trans mempunyai sebagian karakter jahat, seperti menyumbat saluran pembuluh darah dan tingkatkan konsentrasi lipid (lemak) pada tubuh. 

Lemak type ini dapat juga tingkatkan Cholesterol jahat dalam darah serta turunkan Cholesterol baik. 

Minuman soda 
Menurut hasil studi Institute for Health Clinic dan Harvard University Cleveland, pemanis penambahan di soda dapat tingkatkan kandungan gula darah dan insulin hingga bisa menyebabkan terjadinya peradangan dan resistensi insulin. 

Apabila keadaan itu terus menerus berlangsung, persediaan oksiden melalui pembuluh darah ke otak bisa alami penyumbatan akibat zat aktif yang ada pada soda. 

Makanan kaleng dan cepat saji 
Makanan kaleng dan cepat saji biasanya mengandung kandungan sodium dan garam tinggi. 
Mengkonsumsi terlalu berlebih dua zat ini dapat tingkatkan kemungkinan diserang stroke. 

Tetapi, apabila Anda menginginkan tetaplah konsumsi makanan dengan kandungan sodium dan garam optimal yakni 1. 500 miligram (mg) /hari. 

Hal ini sesuai sama referensi Asosiasi jantung dan Stroke Amerika Serikat. 
Oleh karenanya, sebelumnya Anda beli makanan kaleng dan paket baca dulu label makanan dengan cermat. 

Anda harus juga siaga dengan sodium berbentuk lain, seperti baking soda, baking powder, MSG (monosodium glutamate), disodium phosphate, sodium alginate yang umumnya ada pada jenis kue kering, roti dan makanan ringan enteng dalam paket. 

Pola makan sehat 
Tetapi, apabila menginginkan meminimalisir resiko diserang stroke, sebaiknya Anda selekasnya merubah pola makan dari tidak sehat jadi sehat. 

Kurangi, bahkan juga bla perlu, tinggalkan type makanan memiliki resiko untuk kesehatan, seperti makanan manis, daging merah, gorengan, minuman soda, dan makanan kaleng. 

Perbanyaklah konsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran-sayuran hijau, dan makanan memiliki serat tinggi. 

Untuk konsumsi protein hewani baiknya konsumsi daging ikan atau ayam. 
Apabila rindu dengan kudapan manis, baiknya tentukan camilan dengan kandungan gula alami. Tipe gula seperti ini umumnya datang dari buah-buahan dan jagung. 

Kerjakan pergantian pola makan dengan teratur, mulai dari sarapan pagi, makan siang, dan makan malam. 

Terlebih saat ini sudah ada aplikasi mobile phone yang dapat menolong Anda melakukan pola makan sehat. 
sumber : tribunnews. com

Subscribe to receive free email updates: